Sejarah Batu Gede, Cilebut bogor

20:46:00 reikolina 0 Comments

gambar-batu-gedeAsal muĺa nama Kampung Batu Gede, tidak terlepas dari keberadaan Batu Besar (dalam bahasa sehari-hari penduduk setempat,gede : besar) yang berada di areal pemakaman warga kampung Batu Gede.
Komplek pemakaman yang juga biasa disebut “makam keramat Batu Gede”.
Menurut cerita yang kami dapat dari salah seorang tokoh masyarakat setempat, H.Syamsuri bahwa batu besar yang berada di area tersebut sudah berusia ratusan tahun.
“Batu itu merupakan tempat beristirahat Mauĺana Hasanuddin dari Banten dalam perjaĺanannya menuju Cirebon untuk menemui ayahanda nya yaitu Syech Syarif Hidayatulloh (Sunan Gunung Jati) “, tutur beliau.
H.Syamsuri tinggal hanya berjarak +- 100 M dari area makam tersebut menambahkan bahwa batu tersebut sangat besar. dalam ingatannya, H Suri demikian beliau biasa dipanggil menuturkan, semasa kecil beliau sering diajak oleh orang tua nya ke sawah dan beristirahat diatas batu tersebut untuk melaksanakan sholat berjamaah.
gambar-batu-gede3Menurut keterangan H.Suri yang dimakam kan di area pemakaman keramat tersebut, adalah Sultan Maulana Maghdubi, Raden Batu Wijaya, Raden Sukma Wijaya dan Raden Karta Wijaya.
Keberadaan batu tersebut sejak dahulu memang mengundang rasa penasaran sejumlah pîhak, yang ingin mengetahui seberapa besar batu itu.Końon kabarnya pernah ada yang mencoba menggali batu tersebut dengan menggunakan pacul, dari pagi ia menggali namun masih belum terlihat ujung dari batu tersebut. Hingga akhirnya ia kelelahan dan memutuskan untuk melanjutkan penggalian esok harinya. Namun ketika akan melanjutkan penggalian keesokan hari nya, betapa terkejut nya orang tersebut ketika ia melihat, tidak ada tanda-tanda seperti bekas di gali, akhirnya ia memutustkan untuk tidak ĺagi melanjutkan penggaĺian tersebut.
Hingga kini keberadaan “Batu Gede” di areal makam keramat tersebut masih bisa dilihat dan menjadi icon kebanggaan masyarakat Batu Gede.(el)

Sumber: www.batugede.com

0 comments: