Masjid Baitur Ridwan

02:09:00 reikolina 0 Comments

Halo sahabat, pagi ini saya kembali akan melakukan traveling masih di seputaran Bogor, kali ini saya akan mencari sebuah masjid di bogor. Nah karena saya belum tahu masjid yang bagus nan unik di kawasan Bogor, maka dari itu saya bertanya ke teman dulu donk ( saya tanya ke Bambang Julianto ), dari pada bingung dan kesasar nanti nya. 

Setelah saya mendapatkan informasi, ternyata ada sebuah masjid baru di kawasan Bubulak ( ini juga informasi dari Bambang Julianto alias bangjul ). katanya sech Masjid nya baru di bangun, ya udah jam 9 pagi saya siap-siap berangkat biar gak terlalu siang dan gak kejebak macet, tau dong Bogor, sejak di berlakukan sistem satu arah mengitari Kebun Raya Bogor jadi sering macet di sekitaran tugu kujang sampai mall BTM. Nah pagi ini saya melewati jalur jl pajajaran sampai ke tugu kujang dan masuk lewat jalan paledang lalu ke arah Dramaga, setelah melewati terminal Laladon saya belok kanan ke arah Cifor ( jl raya cibadak-ciampea ), setelah melewati jembatan disebelah kiri jalan ada sebuah masjid raya yang menurut saya caukup megah dan bagus. 

Masjid Baitur Ridwan, itulah nama dari masjid tersebut. letak nya cukup strategis karena berada sebelum perempatan lampu merah semplak, persis di pinggir jalan. Dari informasi yang saya dapat dari salah satu petugas, Masjid ini berdiri sekitar 2 tahun lalu. dan menjadi pusat ibadah umat Islam di sekitar nya.


Setelah saya masuk ke dalam area masjid lalu parkir motor di halaman belakang Masjid. Lalu saya berjalan kembali ke depan ke pintu utama Masjid yang berada di depan. Area Masjid sangat bersih, dan juga pemandangan Gunung Salak menjadi background dari Masjid Baitur Ridwan ini, Udara yang sejuk dan hembusan angin menambah keanggunan Masjid Baitur Ridwan. Ruang utama untuk Sholat ada di atas, tapi sebelum saya naik ke atas ke ruang utama, saya sempatkan dulu untuk berwudhu. tempat wudhu terbagi dari 2 posisi. Posisi sebelah kanan untuk Pria dan sebelah kiri untuk Jamaah Wanita. Tempat wudhu nya pun sangat bersih dan harum. letak nya tepat di bawah ruang utama. Memang tempat wudhu ini sengaja di buat di bawah agar selain meminimalisir penggunaan ruang juga sebagai sarana olahraga. olah raga ? loh iya, karena kita harus menuruni anak tangga lalu setelah berwudhu kembali kita menaiki anak tangga menuju ruang utama sholat. iya kan, nah mungkin itu kenapa Masjid Baitur Ridwan ini banyak anak tangga nya, selain menuju ruang utama, lalu tempat wudhu, juga parkiran motor. 

Ruang Utama sholat sangat luas dan harum. wangi harum tersebut ternyata dari wangi karpet yang menutupi hampir semua bagian dalam ruang utama sholat. katanya sech, karpet ini di datangkan khusus dari Turki loh. Warna merah karpet dan aroma vanila nya dapat membuat kita berlama-lama di dalam Masjid. nah selain di ruang utama terdapat juga selasar di sebelah ruang utama. tempat nya pun cukup luas dengan bentangan karpet merah pula. 

Nah sahabat jika kalian kebetulan lewat jalan raya semplak atau Jl Raya Cibadak-Ciampea, sempatkan lah mampir ke Masjid Baitur Ridwan ini, karena kita sebagai umat Islam harus Memakmurkan Masjid bukan.

0 comments: